Review 5
:
Abstrak, Pendahuluan
Persepsi
Anggota Terhadap Kualitas Pelayanan Koperasi Unit Desa Di Kabupaten Sleman
Oleh :
Sumadi*)
LOGIKA,
Volume 5, Nomor 6, Juli 2001
Abstract
This study aims to know the various services given
and how is the member’s prception about service quality. Based on the
result of the study, it is known that there are five groups of services
given by KUD , namely suppying of agriculture productions veriche (
sprayer ), suppying service of consumptive goods, telecommunication shops
that give telecommunication service in the form of telephone, electrical
payment service, and credit service through the credit for farming ( KUT
). Generally, the member’s perception aout the currently quality service
of KLTDis not quite satisfying. there is a significant difference
between member’s perception of those who live in rural and urban area in
giving assessment to the service quality of KUD . The member’s who live
in rural generally give assassment that the quality of its services is
good, while the member’s in urba area give assessment that the service
provided is not good.
KeyWord: KUD,
farming, agriculture
1. PENDAHULUAN
·
Latar Belakang Masalah
Keberadaan KUD yang sebagian besar belum dirasakan
arti pentingnya bagi anggotanya tentu perlu menjadi perhatian, mengapa
hal ini terjadi dan usaha-usaha apa yang perlu dilakukan untuk
dapatmenyadarkan para anggota tentang arti dan pentingnya koperasi bagi
kesejahteraan bersama. Secara umumsuatu badanusaha atau organisasi akan dianggap
mempunyai nilai yang tinggi bagi anggotanya apabila badan tersebut dapat
memberikan sesuatuyang berarti atau dapat menyalurkan aspirasinya.
Demikian pula halnya dengan Koperasi Unit Desa, badan ini akan dianggap
bernilai tinggi dan berguna apabila dapat memberikan manfaat-manfaat
yang cukup berarti bagi para anggotanya. Keberhasilan dan
kegagalan usaha koperasi dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam garis
besar dapat dibedakan menjadi faktor-faktor yang berasal dari luar dan
dari dalam. Faktor dari luar seperti lingkungan bisnis, perekonomian,
selera konsumen, teknologi dan kesesuaian produk yang diusahakan oleh
koperasi dengan kebutuhan bagi anggota dan konsumen yang berdomisili di
sekitamya, seperti, dukungan moril dari aparat dan anggota serta
kesungguhan para pengelola. Faktor dari dalam antara lain, kualitas pelayanan
yang diberikan kepada para anggota dan mereka yang menjadi konsumennya.
Masalah pelayanan termasuk salah satu faktor yang harus selalu ditingkatkan.
Banyak koperasi menjadi maju pesat karena mampu memberikan pelayanan
yang memuaskan bagi anggotanya. dan sebaliknya menjadi kurang maju atau
bahkan mati dikarenakan pemberian pelayanan yang kurang memuaskan bagi
anggotanya.Oleh sebab itumasalah pelayanan koperasi kami anggap sebagai
sesuatu yang sangat penting bagi kemajuan koperasi. Maka dalam
penelitian ini kami angkat sebuah judul Persepsi Anggota terhadap Kualitas
Pelayanan Koperasi Unit Desa.
·
POKOK MASALAH
Jenis-jenis
pelayanan apa sajakah yang diberikan oleh koperasi kepada para
anggotanya.
a) Apakah
koperasi telah membuat dan menetapkan standar-standar pelayanan untuk masing-masing
jenis usaha bisnisnya.
b) Apabila
telah membuat dan menetapkan standar-standar pelayanan bagi masing-masing jenis
usaha bisnisnya, bagaimanakah cara-cara untuk menerapkan standar tersebut serta
bagaimanakah untuk melakukan evaluasi.
c) Bagaimanakah
persepsi para anggota terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Koperasi
Unit Desa.
·
TUJUAN PENELITIAN
Berbagai
tujuan yang diharapkan dapat dicapai dari kegiatan penelitian ini
adalah:
a) Untuk
mengetahui jenis-jenis pelayanan bisnis yang diberikan oleh koperasi kepada
para anggotanya.
b) Untuk
mengetahui standar pelayanan untuk masing-masing jenis usaha bisnis.
c) Untuk
mengetahui cara-cara penerapan dan evaluasi standar pelayanan.
d) Untuk
mengetahui dan menganalisa persepsi para anggota terhadap kualitas pelayanan
yang diberikan oleh Koperasi Unit Desa.
·
MANFAAT PENELITIAN
Apabila
penelitian ini dapat terlaksana dan telah selesai, maka berbagai manfaat
diharapkan dapat diperoleh antara lain adalah:
a) Untuk
pemeliharaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya untuk bidang
usaha-usaha pengembangan pemasaran koperasi, pengembangan ilmu pengetahuan
tentang ilmu perilaku konsumen dan manajemen.
b) Memanfaatkan
temuan-temuan penelitian yang sifatnya konstruktif untuk pengembangan
pengelolaan koperasi.
c) Sebagai
sarana evaluasi dan analisis keberadaan Koperasi Unit Desa bagi para
anggotanya.
Nama : Ani Puji Lestari
NPM/ Kelas : 20211909/2EB09
Fak./Jurusan : Ekonomi/Akuntansi
Tahun : 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar