My Blog


Minggu, 09 Desember 2012

Review Jurnal Ekonomi Koperasi (5)

Review 5 : 
Abstrak, Pendahuluan

Persepsi Anggota Terhadap Kualitas Pelayanan Koperasi Unit Desa Di Kabupaten Sleman

Oleh :
Sumadi*)
LOGIKA, Volume 5, Nomor 6, Juli 2001

Abstract
This study aims to know the various services given and how is the member’s prception about service quality. Based on the result of the study, it is known that there are five groups of services given by KUD , namely suppying of agriculture productions veriche ( sprayer ), suppying service of consumptive goods, telecommunication shops that give telecommunication service in the form of telephone, electrical payment service, and credit service through the credit for farming ( KUT ). Generally, the member’s perception aout the currently quality service of KLTDis not quite satisfying. there is a significant difference between member’s perception of those who live in rural and urban area in giving assessment to the service quality of KUD . The member’s who live in rural generally give assassment that the quality of its services is good, while the member’s in urba area give assessment that the service provided is not good.
KeyWord: KUD, farming, agriculture


1.      PENDAHULUAN
·         Latar Belakang Masalah
Keberadaan KUD yang sebagian besar belum dirasakan arti pentingnya bagi anggotanya tentu perlu menjadi perhatian, mengapa hal ini terjadi dan usaha-usaha apa yang perlu dilakukan untuk dapatmenyadarkan para anggota tentang arti dan pentingnya koperasi bagi kesejahteraan bersama. Secara umumsuatu badanusaha atau organisasi akan dianggap mempunyai nilai yang tinggi bagi anggotanya apabila badan tersebut dapat memberikan sesuatuyang berarti atau dapat menyalurkan aspirasinya. Demikian pula halnya dengan Koperasi Unit Desa, badan ini akan dianggap bernilai tinggi dan berguna apabila dapat memberikan manfaat-manfaat yang cukup berarti bagi para anggotanya. Keberhasilan dan kegagalan usaha koperasi dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam garis besar dapat dibedakan menjadi faktor-faktor yang berasal dari luar dan dari dalam. Faktor dari luar seperti lingkungan bisnis, perekonomian, selera konsumen, teknologi dan kesesuaian produk yang diusahakan oleh koperasi dengan kebutuhan bagi anggota dan konsumen yang berdomisili di sekitamya, seperti, dukungan moril dari aparat dan anggota serta kesungguhan para pengelola. Faktor dari dalam antara lain, kualitas pelayanan yang diberikan kepada para anggota dan mereka yang menjadi konsumennya. Masalah pelayanan termasuk salah satu faktor yang harus selalu ditingkatkan. Banyak koperasi menjadi maju pesat karena mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi anggotanya. dan sebaliknya menjadi kurang maju atau bahkan mati dikarenakan pemberian pelayanan yang kurang memuaskan bagi anggotanya.Oleh sebab itumasalah pelayanan koperasi kami anggap sebagai sesuatu yang sangat penting bagi kemajuan koperasi. Maka dalam penelitian ini kami angkat sebuah judul Persepsi Anggota terhadap Kualitas Pelayanan Koperasi Unit Desa.

·         POKOK MASALAH
Jenis-jenis pelayanan apa sajakah yang diberikan oleh koperasi kepada para anggotanya.
a)      Apakah koperasi telah membuat dan menetapkan standar-standar pelayanan untuk masing-masing jenis usaha bisnisnya.
b)      Apabila telah membuat dan menetapkan standar-standar pelayanan bagi masing-masing jenis usaha bisnisnya, bagaimanakah cara-cara untuk menerapkan standar tersebut serta bagaimanakah untuk melakukan evaluasi.
c)      Bagaimanakah persepsi para anggota terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Koperasi Unit Desa.

·         TUJUAN PENELITIAN
Berbagai tujuan yang diharapkan dapat dicapai dari kegiatan penelitian ini adalah:
a)      Untuk mengetahui jenis-jenis pelayanan bisnis yang diberikan oleh koperasi kepada para anggotanya.
b)      Untuk mengetahui standar pelayanan untuk masing-masing jenis usaha bisnis.
c)      Untuk mengetahui cara-cara penerapan dan evaluasi standar pelayanan.
d)     Untuk mengetahui dan menganalisa persepsi para anggota terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Koperasi Unit Desa.

·         MANFAAT PENELITIAN
Apabila penelitian ini dapat terlaksana dan telah selesai, maka berbagai manfaat diharapkan dapat diperoleh antara lain adalah:
a)      Untuk pemeliharaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya untuk bidang usaha-usaha pengembangan pemasaran koperasi, pengembangan ilmu pengetahuan tentang ilmu perilaku konsumen dan manajemen.
b)      Memanfaatkan temuan-temuan penelitian yang sifatnya konstruktif untuk pengembangan pengelolaan koperasi.
c)      Sebagai sarana evaluasi dan analisis keberadaan Koperasi Unit Desa bagi para anggotanya.


Nama               : Ani Puji Lestari        
NPM/ Kelas     : 20211909/2EB09
Fak./Jurusan    : Ekonomi/Akuntansi
Tahun              : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar