My Blog


Minggu, 09 Desember 2012

Review Jurnal Ekonomi Koperasi (9)

Review 9 :
Kesimpulan dan Saran

Persepsi Anggota Terhadap Kualitas Pelayanan Koperasi Unit Desa Di Kabupaten Sleman

Oleh :
Sumadi*)
LOGIKA, Volume 5, Nomor 6, Juli 2001

  1. Kesimpulan dan Saran
Penelitian yang berjudul persepsi anggota terhadap kualitas pelayanan Koperasi Unit Desa di Kabupaten Sleman ini mempunyai beberapa titik jalan seperti yang telah disebutkan di bab I laporan ini. Untuk menjawab beberapa tujuan penelitian ini, di bab III telah dikemukakan metode penelitian yang digunakan. Selanjutnya di bab IV dibahas tentang analisis data serta pembahasannya.Untuk selanjutnya pada babV ini akan dikemukakan beberapa kesimpulan hasil penelitian dan saran-saran yang dianggap perlu dan berkaitan dengan temuan hasil penelitian.

·         Kesimpulan
Setelah menganalisis data, menghitung, menginterpretasikan hasil-hasil penelitian, maka beberapa kesimpulanya dapat dikemukakan sebagai berikut:
1.      Secara umum Koperasi Unit Desa di Kabupaten dapat dikategorikan dalam koperasi yang mempunyai usaha beraneka macam (multi purpose). Unitmulti usaha yang dijalanka nmeliputi: (a) penyediaan sarana produksi pertanian (saprotan) yang berupa penjualan pupuk, obat-obatan pembasmi hama tanaman, peralatan pertanian dan penjualan bibit untuk padi dan kedelai. (b). Penyediaan barang-barang kebutuhan sehari-hari bagi para anggotanya seperti gula, teh, barang kelontong, minyak goreng dan lain sebagainya. (c). unit usahawartel (d). jasa pembayaran listrik dan (d). jasa simpan - pinjam seperti kredit candak kulak, dan jasa pencucuran kredit usaha tani.
2.      Dalam memberikan pelayanan KUD sebenarnya sudah memiliki standar-standar tertentu, misalnya kualitas barang yang dijual mutunya jenis baik, lainnya yang diterangkan oleh konsumen anggotanya, barang yang, disediakan harus yang banyak dibutuhkan oleh para anggota, wakil pelayanan telah ditentukan, tempat pelayanan sudah ditetapkan, karyawan yang melayaninya harus mempunyai kualifikasi pendidikan dan keterampilan tertentu, dedikasi dan persyaratan-persyaratan lain. Ketentuan-ketentuan tersebut sebenarnya merupakan standar pelayanan, namun KUD belum menuliskan atau mendokumentasikan dalam bentuk tertulis, sehingga tidak ada pedoman pelayanan yang baku yang dapat dibaca.
3.      Secara umum angka rata-rata persepsi anggota terhadap kualitas pelayanan Koperasi Unit Desa (KUD) di Sleman adalah 2,90, angka ini berapa persen interval 2,51 - 3,25 , dengan demikian maka secara umum-kualitas pelayanan KUD dipersepsikan relatif bagus, bilamana angka batas standar yang, digunakan lebih dari 2,50. Namun apabila angka standar yang digunakan maka kualitas pelayanan tersebut masih kurang bagus.
4.      Apabila diperinci lebih kecilmaka unsur-unsur teknis pelayanan, dapat yang cenderung mendekati kurang memuaskan anggota atau dinilai jelek adalah:
a.       Penyediaan sarana produksi pertanian yang berupa penyediaan obat-obatan dan bibit, baik untuk KUD Mlati, KUD Turi dan secara UMUM, sebab angkanya di bawah 2,50.
b.      Pengadaan barang konsumsi, di KUD Mlati Nilai skore angkanya berada pada kelompok jelek. Sedangkan di KUD Turi malah tidak ada pelayanan sama sekali.
c.       Organisasi dan kelembagaan yang berupa belumadanya rasa bangga sebagai anggota KUD Mlati
5.      Unsur-unsur yang dinilai kurang bagus kualitas pelayanannya adalah:
a.       Pengadaan semprotan yang berupa penyediaan pupuk
b.      Sistem Pelayanan yang berupa kepedulian koperasi terhadap para anggota, akurasi catatan listrik.
c.       Organisasi dan kelembagaan, yang berupa perasaan ikut memiliki, kebangaan, kerja pengurus dan pengurusan Kredit Usaha Tani (KUT).
6.      Sedangkan unsur-unsur yang telah telah dinilai baik oleh peneliti adalah: Sistem pelayanan yang berupa ketepatan waktu dalam melayangi anggota, kecepatan dalam melayani anggota, keramahan karyawan, perbaikan gangguan listrik dan pelayanan pembayaran rekening listrik. Untuk organisasi dan kelembagaan yang telah dinilai baik adalah kinerja karyawan.

·         Saran-saran
Saran-saran perlu disampaikan dalam rangka peningkatan untuk kinerja Koperasi Unit Desa adalah:
1.      Langkah awal yang perlu untuk diperbaiki dan ditingkatkan adalah dari sistem administrasi dan manajemen KUD, sebab dari hasil pengamatan di lapangan pekerjaan-pekerjaan yang termasuk administrasi seperti pembukuan, pengarsipan dokumen masih belum teratur dan baik, sehingga menyulitkan pengendalian dan koreksi. Di samping administrasimaka klualitasmanajemen perlu ditingkatkan, yatu dengan cara menambah wawasan, pengetahuan dari ketrampilan manajer dan pimpinan KUD lainnya dengan diadakannya pendidikan jangka pendek, seperti pelatihan, kursus atau lokakarya.
2.      Manajemen dan pengadaan sarana produksi penelitian masih dinilai jelak oleh para anggota, untuk itu perlu ada usaha-usaha perbaikan. Cara yang ditempuh adalah dengan penyediaan pupuk dari Jenis-jenis yang paling, dibutuhkan oleh anggota dimana KUD tersebut berada dalam jumlah yang cukup, harga bersaing dengan toko lain, fasilitas mengantar sampai ke tempat pembeli apabila pembelian dalamjumlah besar. Pengadaan bibit padi, kedelai dan tanaman lain juga perlu ada, sesuai dengan kebutuhan anggota di daerah KUD berdiri.
3.      Manajemen pergudangan untuk barang-barang sarana produksi pertanian perlu mendapatkan perhatian, sebab di lapangan banyak KUD yang kurang memperhatikan penyimpanan pupuk dan sarana produksi pertanian lainnya, sehingga mutu barang-barang tersebut dapat turun, misalnya tempatnya lembab, atap bocor, lantai kurang keras dan lainlainnya.
4.      KUD perlu melakukan langkah-langkah yang, dapat memberikan peningkatan rasa ikut memiliki dan rasa bangga bagi anggotanya, sebab skore rata-rataya rendah. Langkah-langkah tersebut misalnya sering diadakannya pertemuan anggota di tingkat Dusun yang dihadiri oleh pengurus, pimpinan KUD dan tenaga dari Dinas Koperasi Kabupaten Sleman. Di samping itu perlu ditumbuhkan dari para anggota bahwa mereka adalah yang paling mempunyai kepentingan terhadap keberadaan KUD, bukan hal yang sebaliknya bahwa KUD ada untuk kepentingan para pengurus, pimpinan dan pemerintah.
5.      Koperasi Unit Desa perlu menuliskan Jenis-jenis pelayangan yang dilakukannya beserta standar-standar yang ditetapkan. Tulisan tersebut perlu dibukukan dan untuk dapat dijadikan pedoman kepada segenap pimpinan dan karyawan.

·         DAFTAR PUSTAKA
Aaker, David a. and Day, George S. (1990), Marketing Research, Fourth Edition, Singapore: JohnWiley and Sons.
Adang Sunarko (1997), Atribut Ekstrinsik Produk sebagai indikator perceived quality  dalam keputusan membeli, Thesis Magister Manajemen Ull, Yogyakarta: MM UII, unpublished.
Anwar Prabu Mangkunegoro (1988), Perilaku Konsumen, Bandung: PT Eresco.
 Departemen Perdagangan dan Koperasi (1985), Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pembinaan Koperasi-Koperasi Unit Desa, Bandung: Rineka Cipta.
Denis T. Smart (1982), “Consumer Satisfication Research”, A Review in Consumer Behavior: Clasical and ContemporMDimensions, Boston: Little Brown and Co.
Fandy Ciptono dan Anastasia Diana ( 1995 ), Total Quality Management, Yogyakarta: andi Offset.
Horton,Raymond L. (1984), Buyer Behavior:Adecision Making Approach, Columbus, Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company.
Kotler, Phillip (1997),MarketiniManagement: Analysis, Planning, Implementation, and Concept, ninth edition, Singapore : Prentice Hall Inc.
Juran, JM. (1988), Juran on Planniniz forQuality, London : The Free Press.
Loudon, David L. and Bitta,Albert J. (1993), Consumer Behavior, Fourth Edition, Singapore: McGraw-Hill International Editions.
Panji Anoraga dan Ninik Widiyanti (1993), Dinamika Koperasi, cetakan pertama, Bandung: Rineka Cipta.
Parasuraman,A. Zeithaml,ValarieA. ang Berry, Leonard L. (1985), Aconceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”, Journal of Marketing, Vol. 49 (Fall 1985), pp 41 - 5 0, New York: AMA
Vincent Gasperz (1997), Manajemen Bisnis Total, Jakarta: PT Gramedia. Zelthaml,ValarleA. (1988), Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: AMeans - End Model and Synthesis of Evidence, Journal of Marketiniz Vol. 52 (July 1988 ), pp. 2 - 22, New York: AMA
Zlkmund, William G. (1994), Exploring Marketing Research, Fifth Edition, Orlando : The Dryden Press.

Nama               : Ani Puji Lestari        
NPM/ Kelas    : 20211909/2EB09
Fak./Jurusan    : Ekonomi/Akuntansi
Tahun              : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar