My Blog


Jumat, 28 Desember 2012

Review Jurnal Ekonomi Koperasi (20)

Review 20 : 
Kesimpulan

Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Pengelola Koperas Terhadap Perkembangan Koperasi Unit Desa di Kabupaten Nias

Oleh :
Atozisochi Daeli, Amru Nasution, Matias Siagian
Jurnal Studi Pembangunan, April 2006, Volume 1, Nomor 2

1.      Kesimpulan
Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan beberapa hal yang menarik untuk dikaji lebih lanjut. Di antaranya adalah adanya beberapa temuan mengenai faktor-faktor yang terbukti secara signifikan sebagai faktor dari perkembangan koperasi unit desa, yaitu dapat disimpulkan sebagai berikut :
1)   Dari hasil analisis tabel silang dibuktikan bahwa variabel yang terbukti secara signifikan memberikan variasi terhadap perkembangan koperasi unit desa di Kabupaten Nias adalah variabel dukungan pemerintah terhadap KUD, dan variabel dukungan institusi swasta terhadap KUD. Sedangkan variabel yang sebelumnya diperkirakan sebagai salah satu faktor yang paling dominan, yakni kualitas sumber daya manusia pengelola, melalui analisis tabel silang tidak terbukti secara signifikan. Variabel lainnya juga tidak terbukti secara signifikan adalah dukungan perusahaan pribadi dan dukungan anggota koperasi sedangkan dari analisi korelasi bivariant terbukti ada tiga variabel yang secara signifikan memiliki hubungan yang positif dengan perkembangan koperasi unit desa, yaitu variabel dukungan sumber daya manusia, variabel dukungan pemerintah, variabel dukungan swasta.
2)      Dari analisi korelasi parsial, terbukti bahwa masing-masing variabel yang sebelumnya secara biviriant memiliki hubungan positif yang siginifikan, setelah dikontrol oleh variabel lainnya derajat hubungan dan signifikannya jauh berkurang. Artinya tidak ada satu variabel pun yang memiliki hubungan langsung dengan variabel perkembangan koperasi unit desa. Dalam hal ini model hubungan teoritis yang telah diajukan sebelumnya yang menempatkan variabel kualitas sumber daya manusia pengelola sebagai veriabel bebas dan variabel dukungan pemerintah, dukungan institusi swasta, dukungan perusahaan pribadi dan dukungan anggota sebagai variabel antara terhadap variabel perkembangan koperasi unit desa menjadi jelas atau terbukti.
3)      Secara teoritis temuan penelitian ini semakin memperkuat dukungan terhadap masih kuatnya peran pemerintah dan institusi non pemerintah dalam menentukan perkembangan koperasi, khususnya koperasi unit desa.

2.      Saran
Secara praktis, penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi para pelaku/stakeholder bagi upaya pengembangan dan kemajuan koperasi, seperti misalnya :
1)    Dalam upaya meningkatkan perkembangan KUD sangat perlu pemerintah membuat model pembinaan kepada masyarakat koperasi guna memberikan nasihat, petunjuk dan bantuan tentang pemecahan masalah dan pengembangan potensi koperasi dengan target pemantapan, pembukuan, kelembagaan, bidang usaha, permodalan, pemasaran, dan peningkatan sumber daya manusia menuju kemandirian koperasi yang maju.
2)      Menjalin kerja sama dengan pemerintah dareah pendidikan dan latiha  di bidang manajemen, kewirausahaan, permodalan, dan bidang usaha lainnya untuk meningkatkan perkembangan KUD.
3)  Menjalin kerjasama dengan perusahaan besar dibidang pendidikan dan latihan, bidang perdmodalan dan pemasaran untuk meningkatkan perkembangan KUD menuju kemandirian koperasi itu sendiri.
4)   Mengembangkan manajemen yang profesional dengan menempatkan oran-orang yang bekerja paruh waktu membangun koperasi dengan pemberian insentif yang sepadan bagi pengelolanya.

Nama               : Ani Puji Lestari        
NPM/ Kelas    : 20211909/2EB09
Fak./Jurusan    : Ekonomi/Akuntansi
Tahun              : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar