My Blog


Senin, 10 Desember 2012

Review Jurnal Ekonomi Koperasi (13)


Review 13 : 
Pembahasan

Penerapan Rancangan Kebijakan Akuntansi Koperasi dalam Meningkatkan Jumlah Koperasi Bersertifikat di Kabupaten Pontianak

Oleh :
Ninik, Kartawati, Linda
Jurnal Ekonomi dan Manajemen Volume8, Nomor1, Februari 2007

·         Penerapan Rancangan Kebijakan Akuntansi
Sari Kusuma mendapat klasifikasi B karena struktur modal yang baik dan tingkat pengembalian piutang yang cukup tinggi. KOPKAR ini dinobatkan sebagai koperasi percontohan oleh PT. Telkom Kalbar. Sedangkan koperasi Mandiri klasifikasinya adalah D karena dengan banyaknya dana hibah dan bantuan pemerintah tetapi dialokasikan kepada piutan yang cukup besar sehingga mengganggu struktur modal dan kinerja keuangan. Koperasi Jaya Utama Perkasa klasifikasi D karena merupakan koperasi yang bermodal kecil, belum terjangkau bantuan dan fasilitas pemerintah, sumberdaya yang kecil mengakibatkan kurangnya pengelolaan struktur modal dan sikap antipati masyarakat untuk mengembangkan koperasi. Penerapan rancangan kebijakan akuntansi koperasi yang terutang dalam pedoman klasifikasi koperasi jika dihubungkan dengan PSAK No. 27 tentang Akuntansi Koperasi sudah relevan dilaksanakan karena hampir sebagian besar koperasi sudah melakukan pelaporan keuangan sesuai standar akuntasni yang berlaku. Karena kurangnya sosialisasi dari POKJA (Kelompok Kerja) mengenai pedoman klasifikasi koperasi maka hanya 50 koperasi saja yang sudah terealisasi bersertifikasi. Sedangkan 172 Koperasi lainnya belum bersertifikasi. Dengan sosialisasi dan pengembangan rancangan kebijakan akuntansi koperasi diharapkan koperasi dapat menilai sendiri klasifikasin koperasinya. Hal ini mensyaratkan bahwa adalah suatu kewajiban bagi koperasi untuk melakukan pembukuan sesuai standar akuntansi yang berlaku. Belum optimalnya pengawasan, pemeriksaan serta pendidikan dan latian terkendala oleh sumberdaya koperasi yang terbatas, kendala biaya, kendala transportasiyang menyebabkan minimalnya pengembangan koperasi itu sendiri. Tujuh kriteria penilaian klasifikasi perlu untuk dikembangkan agar setiap koperasi tidak saja mampu menilai klasifikasi sendiri tetapi proyeksi terhadap suatu sistem yang lebih baik akan menjadi kemudahan tersendiri untuk dilaksanakan di masa yang akan datang.

·         Pengembangan Rancangan Kebijakan Akuntansi Transportasi
Hasil penelitian ini akan menghasilkan sebuah pengembangan terhadap rancangan kebijaksanaan akuntansi koperasi yang sudah ada sehingga menjadi pedoman untuk koperasi-koperasi di kabupaten Pontianak supaya dapat meningkatkan klasifikasi koperasinya. Pengembangan Rancangan Kebijakan Akuntansinya akan meliputi : (1) Kebijakan Umum, (2) Kebijakan SDM, (3) Kebijakan Kerjasama, (4) Kebijakan Sistem Akuntansi, (5) Kebijakan Kas, (6) Kebijakan Piutang, (7) Kebijakan Persediaan, (8) Kebijakan Persekot, (9) Kebijakan Aktiva Tetap, (10) Kebijakan Aktiva lain-lain, (11) Kebijakan Kewajiban, (12) Kebijakan Ekuitas, (13) Kebijakan Pendapatan, dan (14) Kebijakan Biaya. Pedoman klasifikasi koperasi berdasarkan Kep.Men No.129?KEP/M.KUKM/XI/2002, Tanggal 29 Nopember 2002 sudah mensyaratkan suatu rancangan kebijakan yang baik namun peluang untuk pengembangan rancangan tersebut melalui hasil penelitian ini hendaknya merupakan terobosan baru dalam proses penilaian klasifikasi koperasi. Peneliti mencoba memberikan pengembangan rancangan pedoman klasifikasi koperasi sebagai suatu metode pengembangan rancangan sebagai berikut. Metode Pengembangan Rancangan, meliputi tahapan, sebagai berikut :
Envisioning: (a) Menentukan kerangka kegiatan, (b) Merumuskan dan Mengajukan kebutuhan saran kerja, (c) Mengumpulkan data tentang sistem yang ada saat ini, (d) Mendefinisikan kebutuhan pengguna secara umum, (e) Mendefinisikan asumsi dan dampak yang ditimbulkan. (f) Mendefinisikan manajemen resiko, (g) Menentukan bentuk dan anggota tim pelaksana, (h) Mendefinisikan ukuran keberhasilan kegiatan (indikator keberhasilan). Planning terdiri dari : (a) Menentukan spesifikasi sistem (rancangan konseptual, logical, dan fisikal), (b) Meng-update manajemen resiko, (c) Menetapkan renacan kerja rinci dan jadwal pelaksanaan kegiatan tim, (d) Mendefinisikan Skenario pengujian sistem, (e) Mendefinisikan Skenario implementasi sistem, (f) Mendefinisikan Skenario peningkatan unjuk kerja user (user manual, help system, dan pelatihan), (g) Mengelola keinginan user. Sedangkan Developing terdiri dari : (a) Finalisasi spesifikasi fungsional system, (b) Membangun sistem aplikasi, database, dan jaringan, (c) Membangun materi untuk meningkatkan unjuk kerja user, (d) Melaksanakan uji coba dan perbaikan sistem secara terus-menerus, (e) Memperbarui manajemen resiko, (f) Menyesuaikan jadwal (jika diperlukan), (g) Melaksanakan uji coba lapangan. Stabilizing memuat pelaksanaan sebagai berikut : (a) Finalisasi hasil pembangunan sistem, (b) Melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan unjuk kerja user, (c) Memperbarui manajemen resiko, (d) Menyiapkan data operasional, (e) Menyusun rencana dan sarana kerja untuk implementasi konsep alur data dan informasi.
Pengembangan rancangan ini sebenarnya memprioritaskan keunggulan pedoman klasifikasi itu sendiri karena memuat arahan pendekatan terhadap sistem. Pengembangan ini diharapkan tidak hanya sekadar suatu pengembangan terhadap rancangan tetapi di masa yang akan datang adalah sebagai suatu sistem penilaian klasifikasi koperasi yang dapat diterapkan di tingkat nasional. Terlebih, jika sosialisasi pedoman klasifikasi koperasi ini dapat dilakukan secara maksimal oleh Departemen Koperas, bukan tidak mungkin segera dapat dilaksanakan suatu sistem penilaian klasifikasi koperasi yang baku untuk kepentingan koperasi-koperasi di masa yang akan datang. Sebenarnya Departemen Koperasi telah sampai pada tahap Analisa Sistem dengan data penting telah dibuatnya kertas kerja penilaian klasifikasi koperasi sebagai implementasi dari Rancangan kebijakan akuntansi itu sendiri. Pengembangan sistem itu sendiri selanjutnya dengan cara design sistem hingga implementasi sistem.

Nama               : Ani Puji Lestari        
NPM/ Kelas    : 20211909/2EB09
Fak./Jurusan    : Ekonomi/Akuntansi
Tahun              : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar