Review 7 :
Metode Penelitian
Persepsi
Anggota Terhadap Kualitas Pelayanan Koperasi Unit Desa Di Kabupaten Sleman
Oleh :
Sumadi*)
LOGIKA,
Volume 5, Nomor 6, Juli 2001
- Metode
Penelitian
·
Variabel Penelitian
Sebagai
variabel-variabel penelitian adalah: jenis pelayanan usaha ekonomis Koperasi
Unit Desa, anggota koperasi, konsumen (pelanggan koperasi), standar pelayanan
koperasi, persepsi anggota dan kualitas pelayanan.
·
Batasan pengertian dan definisi
operasional variabel penelitian
Koperasi
Indonesia adalah kumpulan dari orang-orang yang sebagai manusia secara
bersama-sama bergotong royong berdasarkan persamaan, bekerja untuk memajukan
kepentingan-kepentingan ekonomi mereka dan kepentingan masyarakat.
a) KoperasiUnitDesa
(KUD) adalah organisasi ekonomi yangmerupakan wadah bagi pengembangan berbagai
kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan yang diselenggarakan oleh dan untuk
masyarakat pedesaan itu sendiri serta memberikan pelayanan anggotanya dan
masyarakat pedesaan.
b) Jenis
pelayanan usaha-usaha ekonomis KUD adalah macam kegiatan yang diusahakan untuk mendatangkan
manfaat ekonomis KUDdengan jalan transaksi, seperti usaha simpan - pinjam(
perkreditan ), penyediaan dan penyaluran sarana-sarana produksi pertanian,
penyediaan barang-barang untuk keperluan sehari-hari dan jasa-jasa lainnya,
pengolahan dan pemasaran berbagai hasil produksi dan kegiatan perekonomian lainnya
seperti perdagangan, pengangkutan dan sebagainya.
c) AnggotaKoperasi
KUD adalah orang-orang yang secara sadar, sukarela dan mampu melaksanakan
tindakan hukum untuk menyatakan niatnya dan mencatatkan diri sebagai anggota
koperasi, serta mentaati berbagai ketentuan yang ada dan telah menjadi
kesepakatan bersama para anggota.
d) Pelanggan
adalah orang-orang, yangmembeli atau menggunakan produk usaha koperasi. Pengertian
produk dapat berarti barang berwujud atau barang-barang yang tidak berwujud,
jasa-jasa dan perangkat lunak program.
e) Standar
pelayanan koperasi adalah setiap ketentuan yang dapat diukur, dapat dirasakan
atau dapat dinilai dengan menggunakan alat tertentu (kalibrasi atau menggunakan
panca indra manusia secara normal.
·
Lokasi Penelitian
Penelitian
dilakukan di Wilayah Kabupaten Sleman, dengan lokasi di Kantor Koperasi Unit Desa
dalam wilayah 2 Kecamatan,yaitu KUD Kecamatan Turi dan KUD Kecamatan Mlati . KUD
Kecamatan Turi mewakili KUD yang letaknya relatif jauh dari kota, selisihnya
diduga rasa kepuasan bagi para anggota terhadap jasa pelayanan masih sederhana
dan belum banyak menuntut. Sedangkan KUD Mlati memiliki letak sendiri dekat
dengan kota Yogyakarta, sehingga para anggotanya sudah memiliki wawasan yang lebih
luas dan tuntutan yang lebih banyak, sehingga ditemukan rasa kepuasan terhadap
jasa pelayanan lebih besar dan tidak mudah merasakan kepuasan.
·
Cara Pengambilan Data
Cara-cara
yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah dengan cara survei terhadap
responden, pengamatan terhadap obyek usaha (observasi) dan dokumentasi.
·
Populasi Dan Sampel
Sebagai
populasi adalah semua anggota Koperasi Unit Desa di seluruh Kabupaten Sleman.
Sampel responden adalah mereka yang terpilih mewakili populasi yang ditentukan
dengan cara-cara bertahap, yaitu pertama menentukan sampel 2 KUD yang terpilih.
Kemudian dari masing-masing KUD diambil sampel lagi masing-masing 50 orang
sehingga jumlah semua menjadi 100 orang. Cara pengambilan sampel dengan metode purposive
sampling dan dengan cara convenience. 2 KUD yang dipilih adalah
daerah yang dapat mewakili letaknya jauh dari kota, sehingga sifat masyarakat
pedesaannya masih sangat terasa, kemudian daerah yang relatif dekat dengan kota
tetapi masih terasa suasana pedesaan, dan KUD yang letaknya dekat kota Yogyakarta.
2 KUD itu adalah KUD Turi, dan KUD Mlati.
·
Instrumen Penelitian
Yang
digunakan sebagai instrument ( alat ) untuk mengumpulkan data primer penelitian
adalah:
a. Daftar
Pertanyaan (Kuesioner), jumlah butir -butir pertanyaan dan isi sesuai
dengan hasil penelitian.
b. Ukuran
skala dalam daftar pertanyaan menggunakan skala likert.
c. Sehubungan
instrumen ini sifatnya asli dan belum pernah digunakan dalam penelitian yang
sama atau sejenisnya perlu diuji validitas (kesahihan) dan reliabilitas
(keterandalan).
·
Analisis Data
Analisis
data dilakukan setelah data semuanya dapat dikumpulkan dari hasil pekerjaan
pengumpulan data dari lapangan.
1. Langkah-langkah
untuk melakukan analisis data adalah
2. Melakukan
editing (koreksi) terhadap kuesioner dan data yang telah berhasil dikumpulkan.
3. Menyiapkan
tabel untuk prosesing data.
4. Memberikan
kode-kode
5. Proses
perhitungan terhadap data yang telah berhasil ditabelkan.
6. Melakukan
perhitungan dan peringkasan data untuk setiap variabel yang diteliti dengan
menggunakan alat statistik rata-rata (mean)
7. Menghitung,
menguji dan menganalisis, apakah terdapat perbedaan persepsi para anggota KUD
di 3 Kecamatan yang dijadikan sampel dengan menggunakan analisis statistik Anova
(Analysis of Variance).
Hasil
analisis dan interpretasi atas data yang berhasil dikumpulkan dilaporkan pada
bab IV penelitian ini.
Nama : Ani Puji Lestari
NPM/ Kelas : 20211909/2EB09
Fak./Jurusan : Ekonomi/Akuntansi
Tahun : 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar