My Blog


Minggu, 09 Desember 2012

Review Jurnal Ekonomi Koperasi (7)

Review 7 :
Metode Penelitian

Persepsi Anggota Terhadap Kualitas Pelayanan Koperasi Unit Desa Di Kabupaten Sleman

Oleh :
Sumadi*)
LOGIKA, Volume 5, Nomor 6, Juli 2001

  1. Metode Penelitian
·         Variabel Penelitian
Sebagai variabel-variabel penelitian adalah: jenis pelayanan usaha ekonomis Koperasi Unit Desa, anggota koperasi, konsumen (pelanggan koperasi), standar pelayanan koperasi, persepsi anggota dan kualitas pelayanan.

·         Batasan pengertian dan definisi operasional variabel penelitian
Koperasi Indonesia adalah kumpulan dari orang-orang yang sebagai manusia secara bersama-sama bergotong royong berdasarkan persamaan, bekerja untuk memajukan kepentingan-kepentingan ekonomi mereka dan kepentingan masyarakat.
a)      KoperasiUnitDesa (KUD) adalah organisasi ekonomi yangmerupakan wadah bagi pengembangan berbagai kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan yang diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat pedesaan itu sendiri serta memberikan pelayanan anggotanya dan masyarakat pedesaan.
b)      Jenis pelayanan usaha-usaha ekonomis KUD adalah macam kegiatan yang diusahakan untuk mendatangkan manfaat ekonomis KUDdengan jalan transaksi, seperti usaha simpan - pinjam( perkreditan ), penyediaan dan penyaluran sarana-sarana produksi pertanian, penyediaan barang-barang untuk keperluan sehari-hari dan jasa-jasa lainnya, pengolahan dan pemasaran berbagai hasil produksi dan kegiatan perekonomian lainnya seperti perdagangan, pengangkutan dan sebagainya.
c)      AnggotaKoperasi KUD adalah orang-orang yang secara sadar, sukarela dan mampu melaksanakan tindakan hukum untuk menyatakan niatnya dan mencatatkan diri sebagai anggota koperasi, serta mentaati berbagai ketentuan yang ada dan telah menjadi kesepakatan bersama para anggota.
d)     Pelanggan adalah orang-orang, yangmembeli atau menggunakan produk usaha koperasi. Pengertian produk dapat berarti barang berwujud atau barang-barang yang tidak berwujud, jasa-jasa dan perangkat lunak program.
e)      Standar pelayanan koperasi adalah setiap ketentuan yang dapat diukur, dapat dirasakan atau dapat dinilai dengan menggunakan alat tertentu (kalibrasi atau menggunakan panca indra manusia secara normal.

·         Lokasi Penelitian
Penelitian dilakukan di Wilayah Kabupaten Sleman, dengan lokasi di Kantor Koperasi Unit Desa dalam wilayah 2 Kecamatan,yaitu KUD Kecamatan Turi dan KUD Kecamatan Mlati . KUD Kecamatan Turi mewakili KUD yang letaknya relatif jauh dari kota, selisihnya diduga rasa kepuasan bagi para anggota terhadap jasa pelayanan masih sederhana dan belum banyak menuntut. Sedangkan KUD Mlati memiliki letak sendiri dekat dengan kota Yogyakarta, sehingga para anggotanya sudah memiliki wawasan yang lebih luas dan tuntutan yang lebih banyak, sehingga ditemukan rasa kepuasan terhadap jasa pelayanan lebih besar dan tidak mudah merasakan kepuasan.

·         Cara Pengambilan Data
Cara-cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah dengan cara survei terhadap responden, pengamatan terhadap obyek usaha (observasi) dan dokumentasi.

·         Populasi Dan Sampel
Sebagai populasi adalah semua anggota Koperasi Unit Desa di seluruh Kabupaten Sleman. Sampel responden adalah mereka yang terpilih mewakili populasi yang ditentukan dengan cara-cara bertahap, yaitu pertama menentukan sampel 2 KUD yang terpilih. Kemudian dari masing-masing KUD diambil sampel lagi masing-masing 50 orang sehingga jumlah semua menjadi 100 orang. Cara pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan dengan cara convenience. 2 KUD yang dipilih adalah daerah yang dapat mewakili letaknya jauh dari kota, sehingga sifat masyarakat pedesaannya masih sangat terasa, kemudian daerah yang relatif dekat dengan kota tetapi masih terasa suasana pedesaan, dan KUD yang letaknya dekat kota Yogyakarta. 2 KUD itu adalah KUD Turi, dan KUD Mlati.

·         Instrumen Penelitian
Yang digunakan sebagai instrument ( alat ) untuk mengumpulkan data primer penelitian adalah:
a.       Daftar Pertanyaan (Kuesioner), jumlah butir -butir pertanyaan dan isi sesuai dengan hasil penelitian.
b.      Ukuran skala dalam daftar pertanyaan menggunakan skala likert.
c.       Sehubungan instrumen ini sifatnya asli dan belum pernah digunakan dalam penelitian yang sama atau sejenisnya perlu diuji validitas (kesahihan) dan reliabilitas (keterandalan).

·         Analisis Data
Analisis data dilakukan setelah data semuanya dapat dikumpulkan dari hasil pekerjaan pengumpulan data dari lapangan.
1.      Langkah-langkah untuk melakukan analisis data adalah
2.      Melakukan editing (koreksi) terhadap kuesioner dan data yang telah berhasil dikumpulkan.
3.      Menyiapkan tabel untuk prosesing data.
4.      Memberikan kode-kode
5.      Proses perhitungan terhadap data yang telah berhasil ditabelkan.
6.      Melakukan perhitungan dan peringkasan data untuk setiap variabel yang diteliti dengan menggunakan alat statistik rata-rata (mean)
7.      Menghitung, menguji dan menganalisis, apakah terdapat perbedaan persepsi para anggota KUD di 3 Kecamatan yang dijadikan sampel dengan menggunakan analisis statistik Anova (Analysis of Variance).

 Hasil analisis dan interpretasi atas data yang berhasil dikumpulkan dilaporkan pada bab IV penelitian ini.

Nama               : Ani Puji Lestari        
NPM/ Kelas     : 20211909/2EB09
Fak./Jurusan    : Ekonomi/Akuntansi
Tahun              : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar